Minggu, 03 Oktober 2010

[Info] Playlist

Banyak yang menginginkan blognya dipenuhi dengan musik yang disukai. Contohnya seperti Karin ini hehe, awalnya Karin liat blog temen yang ada playlistnya lalu coba cari playlist sana-sini tapi gak ada yang bagus , dan akhirnya...jreng2... ada 3 playlist yang Karin Rekomendasikan buat kalian. Silahkan dicoba.


1.Videokeman (www.videokeman.com)






Ini adalah sites tempat kita bisa mendownload lagu sekaligus playlist. Memang sama dengan Index-of-mp3 ataupun 4shared. Tapi Karin saranin lebih baik memakai ini, karena Playlistnya yang cepat dan tidak membutuhkan loading lama/tidak diperlukan.

Cara memasukkan playlist ke blog:


1.Masuk ke sites, lalu masukkan judul/penyanyi di kotak Search.
2.Klik lagu yang diinginkan.
3.Langsung saja copy code yang ada di tab "Rock n' Share"


4.Code yang sudah kalian copy lalu masukkan ke html/javascript yang ada di Dashboard > Rancangan > New Widget > Html/javascript

Penting!! :

1. Dalam Videokeman playlistnya langsung saja mulai dengan otomatis.
2. Hanya bisa memuat satu lagu dalam satu kode.
3. Tidak perlu mengubah-ubah code yang ada, karena playlist otomatis mengikuti lebar kotak widget kalian.



2.Mixpod (http://mixpod.com)






Mungkin kalian semua sudah pada kenal dengan yang satu ini. Yep bagaimana tidak, playlist yang memiliki fitur dapat memilih template/membuat sendiri skin playlistnya dan dengan lagu yang cukup lengkap, didukung dengan video streaming. Hanya saja playlist ini agak sedikit berat, tapi tetap bisa memutar dengan lancar dan tidak banyak yang namanya "ngadat-ngadat"

Cara memasangnya:

1.Pertama-tama, Karin sarankan kalian membuat akun dulu disana, baru setelah itu klik "Create Playlist".
2. Ada 3 tab yang harus kalian lewati. Add Music > Customize > Save Playlist.
3. Dalam Add Music, kalian cari lagu yang kalian inginkan. Lengkap kok.
4. Jika sudah ganti ke Tab Customize. Silahkan pilih templates yang kalian suka.
5. Jika selesai kalian tinggal memberi nama playlist kalian dan tambahkan keyword. Lalu klik Save (get code)
6. Silahkan langsung saja copy code yang ada, Tapi sebelum itu tekan tombol yang ada icon blogger.
7. Lakukan langkah yang sama saat kalian memasukkan playlist videokeman ke blog.

Penting!!!:
-Kalian harus perhatikan code "width=angka", sesuaikan angka dengan lebar kolom buat widget kamu, karena jika tidak pas, akan ada kemungkinan melebar.
-Playlist berjalan secara otomatis.


3.Sound Cloud (www.soundcloud.com)





Ini adalah Playlist yang sekarang Karin gunakan. Fiturnya enak sama dengan mixpod cuma lebih cepat dan tidak ada streaming video. Walau sedikit rumit tapi Karin merasa suka dengan playlistnya karena gak perlu banyak gonta ganti. Kalau cuma ingin satu lagu, silahkan cari aja di kotak Search, namun kalian juga bisa membuat playlist yang kalian inginkan sesuai lagu yang kalian punya.

Cara Menggunakanya :

1.Sama seperti Mix Pod, Karin mewajibkan kalian untuk memiliki akun disana, dan disertai vertifikasi email (karena jika tidak maka kalian tidak bisa membuat playlist sendiri.
2. Jika sudah, pastikan anda mendapatkan vertifikasi email.
3. Kalau kalian ingin langsung mencari lagunya , silahkan tulis lagunya di kotak search lalu kalian cari button kecil yang nanti menunjukkan huruf "share". Lalu masukkan ke blog.
4. Kalau ingin membuat multi playlist sendiri seperti punya Karin, silahkan cari button "Upload & Send". Silahkan pilih lagu yang ada dalam file kalian, tapi uploadnya agak lama jadi sabar saja.

Penting!!!:
-Kalian tidak perlu mengotak atik code yang ada karena sudah diset otomatis.
-Playlist tidak akan memutarkan lagu secara otomatis, kalian harus menekan button > terlebih dahulu.


So, bagaimana? Karin terserah kalian mau pakai yang mana. Karin lebih suka soundcloud karena memang lancar dan bisa pilih sendiri playlistnya, tapi Mixpod yang memiliki video streaming juga ok *plin plan*, semoga informasi ini bisa berguna untuk kalian semua readers.


8 komentar:

Uzumaki Kushina mengatakan...

Ada lagu jepangnya ga ? :3

sangpenjelajahmalam mengatakan...

keren

wayfarernotes mengatakan...

hey terima kasih kemarin saya nyolong info dari tulisan ini
saya jdi ngambil di soundcloud, simpel
semoga amal anda berbagi ilmu dibalas di kemudian hari :)

punya saya di http://wayfarernotes.wordpress.com

noviana hanny mengatakan...

sebenernya suka bgt pasang lagu pake videokeman, tapi g komplit, huhuhuhu,,
nice info sob,, ^^

strawberrymisire mengatakan...

cara naruh di blog gmn caranya.. kebetulan aq pake wordpress.... bantu donk...??

uwie mengatakan...

kalo bkin daftar playlist (lagunya banyak)
bisa gak?

BlackJack (Java Island Indonesia) mengatakan...

SANGAT MEMBANTU,,,
jgn lupa followback blog kami Gomawoyo ^__^

BlackJack (Java Island Indonesia) mengatakan...

Jangan Lupa Followback Blog kami yah ...

Posting Komentar